Tuesday, April 27, 2010

Betlehem

Betlehem adalah sebuah kota kecil, kira-kira berjarak 9-10 KM dari Yerusalem. Sebuah gereja yang disebut Church of Nativity berdiri disana. Banyak yang percaya lokasi gereja tersebut berdiri alah lokasi kelahiran Yesus.Agama Kristen yang merupakan agama penduduk Betlehem dan sekitarnya apa pun rasnya (Arab, Yahudi, Palestina)mulai terpinggirkan sejak Perang Salib dan kian menyusut dengan berdirinya Bangsa Israel, perang dan kesepakatan PBB dll sehingga eksodus umat Kristen terus berlangsung atau mungkin meningkat.Bagaimana bila kebangkitan agama Yahudi terjadi? Betlehem sekarang mayoritas orang beragama Islam dan atau Yahudi, tetapi Betlehem tetap menjadi salah satu yang dikunjungi wisatawan Kristen terutama hari Natal sekalipun rawan dengan konflik.Inikah fenomena menjelang kedatangan Yesus Ke dua-kalinya?

Betlehem pertama kali dicatat dalam kitab Kejadian. Betlehem tempat Rahel dikubur. ( Kejadian 35:19) Dalam zaman Hakim-Hakim, seorang Hakim bangkit dari Betlehem yang memerintah orang Israel yaitu Ebzan (Hak 12:8)

Pada zaman Hakim-hakim juga ada kelaparan yang hebat di Betlehem sehingga Elimelekh memutuskan mengungsi ke Moab dan tinggal sebagai orang asing. Elimelekh berangkat bersama keluarganya, istrinya Naomi dan kedua putranya Mahlon dan Kilyon. Anaknya menikah di Moab dengan orang Moab yaitu Orpa dan Rut. Mereka tinggal di Moab sekitar sepuluh tahun. Elimelkh dan kedua anaknya kemudian meninggal dunia di Moab tanpa meninggalkan keturunan. Naomi yang berdukacita memutuskan kembali ke Betlehem, Orpa kembali ke rumah orang-tuanya sedangkan Rut bersikeras ikut dengan Naomi kembali ke Betlehem. Rut yang ikut dengan Naomi kemudian menikah dengan Boas melahirkan Obed. Obed ayah Isai, kakek Daud. Campur tangan Tuhan membuat kehidupan keluarga Naomi dipulihkan dan diberkati.

Betlehem bagian yang tidak terpisahkan dengan Daud. Orang Betlehem banyak yang menjadi pahlawan yang gagah perkasa pada zaman Daud. (mis. 1 Taw 11:26) hingga pengurapan Daud menjadi raja di Israel.

Namun peristiwa terbesar bagi kota Betlehem yang kecil, yang sederhana adalah tempat Kristus lahir. (Mikha 5:1) Betlehem mungkin akan tetap menjadi kota kecil bahkan mungkin untuk masa mendatang karena situasi politik,ekonomi,pendidikan,sosial yang tidak bersahabat; tetapi dari kota yang kecil hadir Juruselamat, Yesus Kristus Tuhan. Keajaiban kasih-Nya, Tuhan memilih tempat kecil.

No comments:

Post a Comment